Piagam Jakarta, Fakta Dibalik Hilangnya 7 Kata Yang Mengandung Syariat Islam

3 weeks ago


Reduce exposure to Covid-19 and start shopping online



Tema kita kali ini erat terkait dengan lahirnya dasar negara kita, yakni pancasila. Kesepakatan final yang merekatkan segenap elemen bangsa. Sebelum kesepakatan ini… 29 mei 1945. para pendiri bangsa dihadapkan pada dua pilihan bentuk negara, antara negara islam atau negara yang bebas dari pengaruh agama.

Dua kubu ini muncul bermula dari pidato pembukaannya Dr Radjiman, yang melempar sebuah pertanyaan, “Negara yang akan kita bentuk ini apa dasarnya?”

Sidang yang berlangsung pada 1 Juni 1945, bung karno menyampaikan pidato yang berisi gagasannya tentang dasar negara. Setelah pidato Bung Karno selama satu jam, Dr Radjiman membentuk panitia kecil yang terdiri dari tokoh dari berbagai aliran dan pemikiran. Panitia kecil ini kemudian menunjuk sembilan orang yang akan merumuskan pidato Bung Karno itu sebagai kompromi antara kedua kubu yang berseberangan.

Panitia kecil berisi 9 orang ini berhasil membuat rumusan yang menjembatani dua kubu yang bertentangan. Rumusan ini dinamakan Piagam Jakarta. Piagam Jakarta ini ditandatangani sembilan orang.

Sembilan orang yang menandatangani Piagam Jakarta merupakan para tokoh masyarakat terkemuka, mencerminkan aliran-aliran Islam, Nasionalis dan Kristen. Mereka adalah Ir Sukarno, Drs Muhammad Hatta, Mr AA Maramis (tokoh Kristen waktu itu), Abikusno Tjokrosoejoso, Abdulkahar Moezakir, H Agus Salim, Mr Achmad Subardjo, KH Wahid Hasyim (ayah Gus Dur dan putra pendiri NU KH Hasyim Ashari), dan Mr Muhammad Yamin.

Yang menyebabkan kubu Islam mengendurkan tuntutannya atas negara Islam adalah kalimat-kalimat dalam alinea empat pada pembukaan UUD 45 yang berbunyi: “…..dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya.”
#Sejarah #DasarNegara #Indonesia

source

The Struggle Continues

2 thoughts on “Piagam Jakarta, Fakta Dibalik Hilangnya 7 Kata Yang Mengandung Syariat Islam”

  1. Piagam Jakarta diprakarsai oleh 9 org tokoh yg diketuai oleh Drs Radjiman…
    Namun slh satu rumusanx ada yg menghapus..ytu di alenia k4 yg berbunyi = Dg kewajiban menjalankan syariat Islam BG pemelukx

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.